About

Pages

Minggu, 15 Mei 2016

Fakta Dan Mitos Tentang Kopi

Kopi pasti semua orang sudah tidak asing lagi dengan kata kopi. Ya kopi adalah sebuah minuman hasil dari seduhan biji kopi yang telah di sangrai dan di haluskan menjadi bubuk. Bagi penikmat kopi minum secangkir kopi menjadi sebuah kenikmatan tersendiri. Nah pada artikel kali ini saya akan membagikan kepada sobat semua tentang fakta dan mitos dari kopi yang perlu sobat tau..beriku fakta dan mitos nya.

Fakta dan mitos tentang kopi



  • Kopi membuat susah tidur (fakta).

Ini adalah sebuah fakta karena kandungan kafein yang ada pada kopi akan membalik kan salah satu senyawa sel saraf yang membuat orang mudah tertidur. Sehingga tubuh tidak lagi mengantuk tetapi muncul perasaan segar dan mata terbuka lebar, jantung berdetak lebih cepatcepat, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi lebih cepat dan hati akan melepas gula ke aliran darah sehingga memberikan energi ekstra.



  • Kopi membuat sering buang air kecil (fakta).

Kafein yang terdapat dalam kopi memberikan efek deoretik yang membuat seseorang sering membuang air kecil.


  • Kopi dapat memicu berbagai jenis penyakit (mitos).

Meminum kopi dapat memicu berbagai penyakit ini adalah sebuah mitos karena meminum kopi secara teratur 3 sampai 5 cangkir perhari dapat mengurangi resiko berbagai jenis penyakit diantaranya diabetes tipe 2, kangker prostat, kangker kulit alzheimer.


  • Kopi tidak boleh diminum sebelum olahraga (mitos)

Pernyataan ini adalah sebuah mitos, karena kopi sangat baik di minum sebelum melakukan aktivitas olahraga. Sebuah penelitian di jepang nenunjukan bahwa sirkulasi darah pada orang yang minum kopi berkafein sebelum berolahraga akan mengalami peningkatan 30% selama 75 menit setelah berolahraga.


  • Kopi tidak boleh di minum oleh penderita maag (fakta)

Pernyataan ini adalah sebuah fakta, karena orang yang memiliki penyakit maag memiliki asam lambung yang sensitif, sementara kafein dalam kopi dapat mempercepat proses terbentuk nya asam lambung.


  • Kopi dapat menyebabkan osteoforosis (mitos).

Banyak orang mengatakan bahwa kopi dapat menyebabkan osteoporosis namun itu semua adalah sebuah mitos, karena kopi sama sekali tidak menyebabkan berkurangnya kepadatan tulang. Tetapi kopi malah memberikan vitamin D yang di butuhkan tubuh dalam menghindari pengapuran tulang.


  • Kopi dapat mengurangi kesuburan (fakta).

Ya ini adalah sebuah fakta karena sebuah penelitian dari fakultas university of nevaga di reno amerika serikat, bahwa kafein mengurangi aktifitas otot-otot tuba falopi yang membawa sel telur dari ovarium. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein membuat sel telur susah melekat pada tuba falopi yang mengakibatkan wanita sulit hamil.

Oke itulah beberapa fakta dan mitos yang bisa saya bagikan, semoga bisa menambah wawasan sobat semua mengenai kopi sekian dan terimakasih  :D

1 komentar: